Home » , , » Cara Setting Render AutoCAD Low Quality Plus Plus ALa Bsoft

Cara Setting Render AutoCAD Low Quality Plus Plus ALa Bsoft


Cara Setting Render AutoCADRendering adalah proses terakhir dalam autocad untuk menghasilkan output visual dari objek 3 dimensi, berbeda dengan 2 dimensi dimana hasil terakhirnya adalah melalui printout.

Dalam proses rendering banyak hal yang mempengaruhi hasil qualitas dari image yang kita buat diantaranya adalah

  • Qualitas Hardware Komputer
  • Lighting / Pencahayaan
  • Material
  • Setting Rendering Parameter

Kali ini kita akan bahas hal terakhir yaitu bagaimana sedikit merubah settingan parameter pada rendering. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya kualitas dari rendering autocad sekarang jauh meningkat pesat bahkan tidak memakai bantuan engine misalkan vray dan sebagainya saja saat ini kulitas rendering autocad sudah jauh meningkat pesat.

Sekarang kita akan coba membandingkan hasil rendering default Low Quality yang Autocad sediakan dengan Low Quality plus plus (edit parameter sedikit) ala Bsoft.

Sebagai informasi saya memakai 2 light , 1 didalam ruangan searah camera dan 1 lagi diluar jendela, sedangkan sun lighting saya matikan, hanya background sky saya aktifkan dengan time locationnya 11.45 siang
Setting Cahaya Pada AutoCAD


Kita perhatikan hasil rendering Low Quality Default dari Autocad hasilnya seperti gambar dibawah.

Cara Render AutoCAD



Sekarang coba kita rubah sedikit parameter dari rendering Low Qualitynya, ikuti langkah dibawah.

Pada Tab MATERIAL pastikan semua keadaan dalam keadaan ON

TutorialRenderAutoCAD


Pada Tab Shadow Map Pastikan dalam keadaan ON sedangkan Samplingnya bisa pilih ½.1/4.atau 1/8. Kali ini saya akan coba 1/ agar bayangan yang dihasilkan tipis / halus.

Lighting Setting On AutoCAD


Pada Tab Global Illumination pastikan Lampunya dalam keadaan menyala , kemudian pada Final Gathering ubah Mode Auto Menjadi Mode ON

Cara Render AutoCAD Kualitas Maksimal


Setelelah itu Close dan lakukan rendering kembali maka bisa dilihat hasilnya akan seperti dibawah (objek lighting yang searah camera yang ada dalam ruangan saya perkecil intensitasnya 20x lipat dari semula)

Contoh Render AutoCAD


Kita bisa lihat dan bandingkan hasil render menggunakan Low Quality Default bawaan Autocad dan setelah kita ubah parameternya , jauh lebih baik bukan. 

Jika Hasil render dengan settingan diatas kurang memuaskan waktu anda mencoba, mungkin ada beberapa material atau lighting yang kurang pas settingannya.

Sekian Tutorial singkat kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam
Author : www.BSOFT.web.id

Bisa Juga Download Versi Pdf dari Tutorial ini, Tinggal Klik Tulisan Download Dibawah. (Mohon Maaf layanan download untuk tutorial ini belum tersedia)


DOWNLOAD TUTORIAL

UNTUK PERTANYAAN SILAHKAN KIRIM DIPESAN KOMENTAR DENGAN MENGGUNAKAN AKUN FACEBOOK ANDA (JANGAN LUPA ADD AKUN FACEBOOK, FOLLOW TWITTER DAN SUBSCRIBE AKUN YOUTUBE BSOFT)